Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi HP Android LEMOT "Bisa untuk Semua Smartphone Android"

Cara Mengatasi HP Android Lemot - Ketika Ponsel Android yang kita gunakan mulai lambat pasti membuat kita tidak nyaman lagi menggunakannya. Kinerja nya menurun tidak seperti saat pertama membelinya, sebenarnya ini hal yang lumrah terjadi. Karena, semakin banyak File atau Aplikasi yang tersimpan pada Ponsel tersebut maka kecepatan akan menurun. Masalah yang sering terjadi pada Ponsel Android adalah lambat, ini mungkin karena Ponsel yang digunakan sudah berumur lama. Namun, penyebab HP Android lambat bukan karena usia pemakaian nya saja, bisa jadi karena anda terlalu banyak menyimpan File atau menginstall aplikasi yang berlebihan sehingga membuat konsumsi RAM melebihi kapasitas.

Penyebab HP Android Lemot

  • Salah satu penyebab HP Android lambat yang paling umum terjadi adalah karena Memori Internal Penuh.
  • Banyak nya Aplikasi yang berjalan secara bersamaan.
  • Menggunakan Widget yang berlebihan dan menggunakan Live Wallpaper
  • Kondisi Baterai yang sudah menurun
  • Tidak melakukan Update Software
  • Cache yang menumpuk
Setelah mengetahui beberapa hal yang menyebabkan HP Android jadi lambat. Kemudian, terus Scroll ke bawah lagi untuk mengetahui cara mengatasi masalah tersebut dengan sangat mudah dan sudah terbukti ampuh Mengatasi HP Android yang Lambat.

Cara Mengatasi HP Lemot

Ada beberapa cara untuk mengatasi HP Android lambat. Namun, kami hanya memberikan beberapa cara saja yang paling umum dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah cara untuk mengembalikan Performa HP Android anda jadi cepat kembali seperti saat pertama membelinya.

1. Install Aplikasi Sesuai Kebutuhan

Install Aplikasi Sesuai Kebutuhan maksudnya jangan berlebihan dalam menginstall Aplikasi di HP Android anda, apalagi aplikasi yang sama sekali tidak anda gunakan. Karena banyaknya Aplikasi bisa menghabiskan Ruang Penyimpanan Memori Internal. Sisa Memori Internal yang terlalu kecil bisa menyebabkan HP Android anda jadi lambat. Jadi, kalau ada aplikasi yang tidak terpakai segera Uninstall, supaya Ponsel anda bisa ngebut kembali.

Baca Juga : Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas

2. Bersihkan Data dan Cache

Data dan Cache sebenarnya cukup berguna, untuk membuat Aplikasi lebih cepat bisa diakses. Namun, kalau sudah terlalu banyak bisa membuat HP kita jadi lambat. Karena, terlalu banyak menggunakan memori internal. Untuk mengatasinya kita harus hapus Data dan Cache minimal seminggu sekali. Caranya :
  • Masuk ke Pengaturan
  • Lalu, pilih Aplikasi
  • Selanjutnya cari Aplikasi yang paling sering digunakan dan Hapus Data dan Cache
  • Biasa yang paling banyak di Aplikasi Facebook, Instagram dan Browser.

3. Jangan Terlalu Banyak Menyimpan File di Memori

Menyimpan File seperti Foto, Vidio, Mp3 dan lain-lain. Sebenarnya tidak ada yang salahnya, cuma perlu di perhatikan kapasitas memori yang anda gunakan, kalau misalnya memori 16 GB sebaiknya sisakan sekitar 500 MB jangan sampai penuh semua. File yang terlalu banyak di Memori membuat kinerja RAM pada HP menjadi lambat. Solusinya adalah pindahkan sebagian File ke Flashdisk, Komputer atau bisa juga di simpan ke Cloud Online Seperti Google Drive.

4. Periksa Aplikasi yang berjalan di Latar Belakang

Fitur Sinkronisasi yang digunakan oleh banyak Aplikasi, supaya bisa tetap memperbarui Notifikasi dari aplikasi tersebut, ternyata memakan RAM yang dapat mempengaruhi kinerja dari Smartphone kita, hingga membuatnya jadi lambat. Untuk mengatasinya segera atur Aplikasi mana saja yang dapat berjalan di latar belakang, pilih Aplikasi sesuai dengan kebutuhan anda, tapi jangan terlalu banyak. Kalau kami pribadi cuma memilih Aplikasi WhatsApp, Instagram, dan Email sudah itu saja.

5. Mematikan Animasi dan Live Wallpaper

Kalau sekarang anda mengunakan Animasi dan Live Wallpaper di Ponsel anda, Ada baiknya segera di dimatikan. Karena, fitur tersebut membuat kinerja RAM pada Smartphone bekerja lebih keras, sehingga membuat HP Android anda jadi Lambat. Tidak hanya itu, mengaktifkan fitur tersebut juga bisa menguras Daya Baterai pada Smartphone kita. jadi sangat kami sarankan untuk tidak menggunakan fitur tersebut.

6. Mengurangi Widget

Widget yang terpasang di Layar Depan Smartphone seperti widget Jam, Cuaca dan lain-lain. Sebenarnya sangat berguna, tapi jika widget yang dipasang berlebihan sangat tidak baik untuk kinerja HP android kita. Karena, Widget yang selalu berjalan membuat RAM terpaksa bekerja lebih keras, dengan begitu bisa membuat HP kita jadi lambat. Oleh sebab itu, kurangi Widget di Smartphone anda gunakan seperlunya saja.

7. Menggunakan Aplikasi Berbayar

Mengunakan Aplikasi Gratisan ya sah-sah saja. Namun, perlu di ketahui Aplikasi gratisan itu bisa membuat HP android kita jadi lambat, walaupun tidak semua Aplikasi gratisan begitu. Aplikasi gratisan yang membuat Ponsel kita jadi lambat adalah Aplikasi yang terlalu banyak memakai iklan di dalamnya. Jadi sebaiknya gunakan Aplikasi berbayar selain bebas Iklan juga bisa menghemat kuota Internet anda.

Itulah beberapa Tips Cara Mengatasi HP Lemot. Semoga bisa membuat performa Ponsel anda cepat kembali. Perlu diketahui, bahwa performa HP Android tidak selalu di tentukan oleh RAM yang besar atau Prosesor yang cepat. Tapi, tergantung bagaimana anda menjaga Performa nya, supaya tetap cepat dan tidak lambat. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba