Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Android Dengan Mudah

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh - Memori Internal berperan cukup penting untuk Sistem HP Android, gunanya untuk menyimpan data sementara. Namun, apa apa pengaruhnya jika HP Android kita mengalami Memori internal Penuh?. Smartphone jadi lambat, terasa berat, dan tentunya membuat kita tidak nyaman menggunakannya, terkadang juga suka restart sendiri.

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Android

Memori Internal Penuh menyebabkan HP Android tidak bisa bekerja dengan normal, karena tidak ada ruang untuk menyimpan data sementara, Masalah ini sering terjadi pada HP yang Memori Internal nya di bawah 16 GB, Tapi jangan khawatir, kami sudah menyiapkan cara mengatasinya. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

Baca Juga : Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis di Android

1. Hapus Aplikasi Yang Tidak di Gunakan

Seiring dengan perkembangan, aplikasi di HP Android selalu melakukan update untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, itu sebenarnya cukup baik. Tapi, ini sedikit kurang beruntung buat anda yang masih menggunakan Smartphone dengan Memori Internal yang kecil, karena semakin di Update semakin besar juga memori yang di butuhkan oleh aplikasi tersebut. Untuk mengatasinya, anda harus menghapus beberapa aplikasi yang jarang anda gunakan, Caranya : masuk ke Setelan pilih Apps dan cari aplikasi yang ingin di hapus.

2. Pindah Aplikasi ke Memori External

memindahkan Aplikasi dari Memori Internal ke Memori External atau Kartu SD, ini sangat mudah di lakukan anda tinggal masuk ke Pengaturan terus pilih Aplikasi dan cari Aplikasi yang ingin di pindahkan, dengan cara klik aplikasinya terus pilih Pindahkan ke Kartu SD.

3. Hapus Cache Aplikasi

Cache adalah data yang tersimpan di Memori internal. Cache sebenarnya sangat penting untuk mempercepat kinerja sistem HP Android, karena dapat menyimpan semua data. Cache terbanyak biasanya di Aplikasi Facebook, Instagram dan beberapa aplikasi lain, walaupun peran Cache begitu penting, tapi dia lah yang sangat menguras Memori Internal di HP Android kita. Cara menghapusnya :
  • Masuk ke Pengaturan, lalu pilih Aplikasi
  • Kemudian, cek satu persatu Aplikasi dan pilih Hapus Cache
  • Untuk menghapus secara keseluruhan masuk ke Pengaturan pilih Penyimpanan kemudian pilih Data Dalam Cache.

4. Hapus File Obb

File Obb digunakan untuk menyimpan data aplikasi seperti Game dan beberapa aplikasi lainnya yang banyak menguras Memori Internal HP kita, File Obb sering tidak terhapus walaupun kita sudah menghapus aplikasinya. Untuk menghapus File Obb bisa menggunakan File Manager bawaan, tapi saya mengunakan aplikasi pihak ketiga yaitu aplikasi X-plore File Manager ada di Google Play Store . Buka Aplikasi X-plore kemudian cari folder "Android" disitu letaknya file 0bb.

5. Hapus Folder Thumbnails

Folder Thumbnails berguna untuk mempermudah menampilkan gambar di Galeri. Semakin banyak gambar di Galeri maka semakin banyak juga isi Thumbnails nya, ini tentu dapat membuat memori HP kita jadi semakin sesak. Untuk mengatasinya silahkan anda hapus Folder tersebut dengan cara masuk ke File Manager cari folder DCIM disitu letak folder thumbnails.

6. Factory Reset atau Kembali ke Pengaturan Pabrik

Cara yang terakhir ini mungkin sangat berat untuk kita lakukan, karena melakukan Factory Riset atau kembali ke pengaturan pabrik bisa menghapus semua data yang ada di HP kita. Tapi, kalau tetap harus memilih cara ini, sebaiknya anda Backup dulu data-data penting, pindahkan ke Komputer, Laptop atau Flash Disk.

Cara Factory Reset HP Android

  • Masuk ke Mode Recovery dengan cara menekan Tombol Power + Tombol Volume up secara bersamaan, saat HP android dalam keadaan mati.
  • Selanjutnya pilih Wipe Data Factory Reset, dan tunggu prosesnya hingga selesai
  • Kemudian, pilih Reboot to Sistem
  • Selesai

Cara Kembali ke Pengaturan Pabrik

  • Masuk ke menu Pengaturan
  • kemudian, cari Backup dan Reset
  • Selanjutnya, ceklist pilihan yang sesuai, lalu pilih Reset Device
  • Tunggu beberapa saat sampai proses nya selesai, biasa membutuhkan waktu 5 sampai 10 menit.
  • Selesai

Sebenarnya, Factory Reset dan Kembali ke Pengaturan Pabrik itu memiliki kegunaan dan tujuan yang sama, silahkan di pilih mana yang lebih mudah untuk anda gunakan. Demikianlah pembahasan singkat dari kami tentang Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Android. semoga bisa menyelesaikan masalah memori penuh pada smartphone android anda. Jangan lupa di Share ya