Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Baterai HP Android yang Cepat Habis

Cara Mengatasi Baterai HP Android yang Cepat Habis - Saat Smartphone kita kehabisan Baterai, itu pasti sangat mengesalkan bukan? Apalagi saat kita membutuhkan untuk Menelpon, SMS, atau hal penting lainnya. Yang lebih mengesalkan lagi, ketika baterai Habis saat kita berada di luar rumah atau jauh dari jangkauan listrik mana tidak punya Power Bank lagi.

Cara Mengatasi Baterai HP Android Cepat Habis

Sebenarnya ada banyak penyebab yang membuat HP Android jadi boros baterai, antara lain karena pemakaian yang terus menerus, perawatan kurang baik, dan pengaturan HP itu sendiri yang tidak ter atur dengan benar, Sehingga menguras daya yang cukup besar, hingga membuat HP anda jadi panas dan baterai jadi cepat habis. Ikuti langkah-langkah dibawah ini yang sudah terbukti ampuh membuat baterai HP jadi lebih irit.

Baca Juga : Ciri-Ciri HP Android Terkena Virus dan Cara Mengatasinya

1. Mengatur Refresh rate dan Kecerahan Layar

Pengaturan yang tidak benar bisa mengakibatkan HP kita boros daya dan cepat panas, oleh sebab itu kurangi refresh rate tinggi cukup gunakan 60Hz saja jika anda sedang tidak membutuhkannya, karena untuk pemakaian normal 60Hz sudah lebih dari cukup. Selanjutnya, kurangi tingkat kecerahan layar setidaknya di angka 30 - 40 persen, kami rasa di angka itu sudah cukup enak di pandang, dan jangan menggunakan live wallpaper. jika HP anda menggunakan layar jenis AMOLED gunakan wallpaper yang dominan hitam

2. Mematikan Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth

Mengaktifkan WIFI, GPS dan Bluetooth secara terus menerus dapat menguras daya baterai HP kita, Sebaiknya jika sedang tidak menggunakan fitur tersebut dimatikan saja, dengan mematikannya HP anda bisa lebih irit daya baterai, Menurut hasil percobaan baterai bisa hemat untuk waktu satu jam.

3. Mengatur Batas Waktu Tidur Layar

Di dalam Menu Pengaturan Tampilan terdapat opsi Screen Timeout atau yang serupa, beda jenis HP beda juga tempatnya. Di pengaturan ini anda bisa mengatur berapa lama layar Smartphone anda tetap menyala, silahkan di atur ke batas waktu yang pendek, pada kebanyakan smartphone Android minimum adalah 15 detik, jika batas waktu layar HP anda saat ini diatur menjadi 1 atau 30 menit, pertimbangkan untuk mengurangi angka tersebut menjadi 30 detik atau 15 detik saja.

4. Mematikan Rotasi Otomatis

Rotasi Otomatis Menggunakan Sensor khusus yang di sebut dengan Accelerometer yang dapat menguras daya baterai HP kita, oleh karena itu mematikan fitur tersebut sangat di anjurkan apabila anda tidak benar-benar membutuhkan nya.

5. Menghentikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Ini sering terlupakan, di HP kita tentu banyak Aplikasi yang berjalan tanpa dihentikan, anda pasti sering langsung menekan tombol home untuk menutup Aplikasi, padahal cara seperti itu tidak membuat aplikasi yang sedang berjalan benar-benar mati, ini tentu dapat menguras daya baterai menjadi cepat habis, Jadi kami sarankan, tutup Aplikasi dengan benar jika tidak digunakan lagi.

6. Mematikan HP Saat Tidak Digunakan

Smartphone dipakai setiap hari berjam-jam, Padahal HP juga butuh istirahat loh. Jadi sebaiknya mematikan Smartphone di malam hari ketika anda akan tidur. Dengan demikian baterai menjadi dingin dan terhindar dari Glitch atau Gangguan Fungsi yang disebabkan pemakaian terus menerus atau adanya kesalahan program.

Itulah pembahasan singkat kami tentang Cara Mengatasi Baterai HP Android Cepat Habis, Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa di Share supaya orang lain tau apa yang kita tau.