Cara Mengatasi Penyimpanan Internal Yang Hampir Penuh Pada Smartphone

Cara Mengatasi Penyimpanan Internal Yang Hampir Penuh - Untuk sekarang ini Smartphone membutuhkan penyimpanan yang besar untuk menyimpan data, karena banyak Aplikasi yang selalu melakukan Update untuk memperbaiki kualitasnya, untuk memenuhi itu tentu membutuhkan penggunaan memori yang besar juga. Untuk jenis smartphone kelas atas itu bukan suatu masalah, karena sudah menggunakan memori internal yang cukup, tidak perlu menggunakan SD Card lagi.
cara-mengatasi-penyimpanan-penuh-pada-android
Namun bagaimana bagi kita yang masih menggunakan Smartphone kelas menengah ke bawah yang hanya menggunakan Penyimpanan internal 32 GB atau bahkan 16 GB, tentu itu tidak cukup. Tapi jangan khawatir pada Artikel ini kami mau berbagi 5 Tips untuk Mengatasi penyimpanan Internal yang hampir penuh. Ayo disimak..!!

1. Hapus Aplikasi Yang Jarang di Gunakan

cara-mengatasi-penyimpanan-penuh-pada-android
Cara seperti ini mungkin yang cukup mudah dan sangat efektif untuk mengatasi memori internal yang hampir penuh. Banyak smartphone keluaran terbaru sudah menginstall aplikasi bawaan dari pabriknya, namun aplikasi tersebut tidak kita butuhkan, sebaiknya di hapus saja untuk melegakan penyimpan." Cara Hapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root"

2. Hapus File Sampah

cara-mengatasi-penyimpanan-penuh-pada-android
File sampah atau Junk File bukan hanya di temukan pada Perangkat Komputer, Namun hal yang sama juga berlaku pada perangkat smartphone. File sampah itu biasa terjadi pada sisa Aplikasi yang sudah di hapus, meskipun bukan file yang terlalu besar tapi jika sudah terlalu banyak ini juga bisa membuat sesak memori internal smartphone kita. Untuk menghapus file sampah tersebut ada banyak cara yang bisa kita gunakan, bisa dengan menggunakan aplikasi Cleaner yang sudah tersedia di Google Play Store, atau bisa juga dengan menggunakan Aplikasi Manajemen File yang sudah memiliki fitur untuk menghapus file sampah. Hanya dengan beberapa Klik file tersebut akan hilang secara otomatis.

3. Hapus File, dan Dokumen

cara-mengatasi-penyimpanan-penuh-pada-android
Tanpa kita sadari ketika mencari informasi dari berbagai situs web dan mungkin kita di haruskan untuk mendownload dokumen seperti PDF atau yang lainnya. Jika ada 1-2 file mungkin tidak akan berpengaruh banyak pada penyimpan smartphone kita. Namun, bagaimana jika kita sudah menyimpan puluhan file? Ini tentu banyak memakan ruangan penyimpanan, jadi jangan lupa untuk menghapus file atau dokumen yang dianggap sudah tidak digunakan lagi.

4. Upload File ke Cloud

cara-mengatasi-penyimpanan-penuh-pada-android
Yang menggunakan Smartphone android, saya rasa pasti memiliki akun Gmail yang bisa anda manfaatkan untuk Google Drive, Aplikasi ini bisa anda gunakan sebagai penyimpanan Cloud Gratis hingga 15 GB untuk menyimpan file secara Online. File yang jarang anda gunakan bisa langsung di Upload ke Google Drive dan kemudian anda bisa langsung menghapus file aslinya pada smartphone. Apabila anda ingin menggunakannya lagi, tinggal di download kembali.

5. Menggunakan Kartu SD

cara-mengatasi-penyimpanan-penuh-pada-android
Pada sebagian besar smartphone Android kelas menengah ke bawah sudah di lengkapi dengan slot SD Card, yang berarti kita dapat menggunakan memori ekternal untuk menambah ruang penyimpanan, dan pada beberapa jenis smartphone dapat memindahkan aplikasi ke kartu SD ini tentu sangat membantu untuk mengurangi penggunakan memori internal.

Itulah 5 cara untuk Mengatasi Penyimpan Internal Yang Hampir Penuh yang bisa anda lakukan dengan sangat mudah, semoga penjelasan artikel ini bisa di mengerti dan bermanfaat untuk kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel