Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Ruang PENYIMPANAN Hampir Penuh di HP Android

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Penuh - Untuk sekarang ini sebuah Smartphone membutuhkan ruang penyimpanan yang besar untuk menyimpan data, karena banyak Aplikasi yang selalu melakukan Update untuk memperbaiki kualitasnya. Oleh karena itu, untuk memenuhi itu tentu membutuhkan penggunaan ruang penyimpanan yang besar juga. Untuk jenis smartphone kelas atas itu bukan suatu masalah, karena sudah menggunakan memori internal yang cukup, tidak perlu menggunakan SD Card lagi.
Namun, bagaimana bagi kita yang masih menggunakan Smartphone kelas menengah ke bawah yang hanya menggunakan Ruang Penyimpanan internal 32GB atau bahkan 16GB, tentu itu tidak cukup.

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Penuh di Android

Masalah tersebut sering membuat kita tidak nyaman menggunakan Ponsel, karena sering muncul notifikasi Ruang Penyimpanan Hampir Penuh atau Ruang Penyimpanan Hampir Habis. Hal tersebut sering terjadi pada HP kelas menengah, baik itu OPPO, Vivo, Realme, Xiaomi, Samsung dan lain-lain tanpa kecuali. Tapi jangan khawatir pada Artikel ini kami mau berbagi beberapa Tips untuk mengatasi masalah tersebut:

1. Hapus Aplikasi Yang Jarang di Gunakan

Cara seperti ini mungkin yang cukup mudah dan efektif untuk mengatasi ruang penyimpanan yang hampir penuh. Banyak smartphone keluaran terbaru sudah menginstall aplikasi bawaan dari pabriknya, namun aplikasi tersebut tidak kita butuhkan, sebaiknya di hapus saja untuk melegakan penyimpan ponsel kita.

Baca Juga : Cara Hapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root

2. Hapus File Sampah

File sampah atau Junk File bukan hanya di temukan pada Perangkat Komputer. Namun, hal yang sama juga berlaku pada perangkat smartphone. File sampah itu biasa terjadi pada sisa Aplikasi yang sudah di hapus, meskipun bukan file yang terlalu besar tapi jika sudah terlalu banyak ini juga bisa membuat sesak penyimpanan HP kita. Untuk menghapus file sampah tersebut ada banyak cara yang bisa kita gunakan, bisa dengan menggunakan aplikasi Cleaner yang sudah tersedia di Google Play Store, atau bisa juga dengan menggunakan Aplikasi Manajemen File yang sudah memiliki fitur untuk menghapus file sampah. Hanya dengan beberapa Klik file tersebut akan hilang secara otomatis.

3. Hapus File, dan Dokumen

Tanpa kita sadari ketika mencari informasi dari berbagai situs web dan mungkin kita di haruskan untuk mendownload dokumen seperti PDF atau yang lainnya. Jika ada satu atau dua file mungkin tidak akan berpengaruh banyak pada penyimpan smartphone kita. Namun, bagaimana jika kita sudah menyimpan puluhan file?. Ini tentu banyak memakan ruang penyimpanan, jadi jangan lupa untuk menghapus file atau dokumen yang dianggap sudah tidak digunakan lagi.

4. Upload File ke Cloud

Yang menggunakan Smartphone Android, saya rasa pasti memiliki akun Gmail yang bisa anda manfaatkan untuk Google Drive, Aplikasi ini bisa anda gunakan sebagai penyimpanan Cloud Gratis hingga 15 GB untuk menyimpan file secara Online. File yang jarang anda gunakan bisa langsung di Upload ke Google Drive dan anda bisa langsung menghapus file aslinya pada smartphone. Apabila anda ingin menggunakannya lagi, tinggal di download kembali.

5. Menggunakan Kartu SD

Pada sebagian besar smartphone Android kelas menengah ke bawah sudah di lengkapi dengan slot SD Card, yang berarti kita dapat menggunakan memori External untuk menambah ruang penyimpanan, dan pada beberapa jenis smartphone dapat memindahkan aplikasi ke kartu SD, ini tentu sangat membantu mengurangi penggunaan penyimpanan internal.

Itulah beberapa Tips dari kami tentang Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Penuh yang bisa anda lakukan dengan sangat mudah, semoga penjelasan artikel ini bisa dimengerti dan bermanfaat untuk kita semua