Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi SAYANGNYA APLIKASI TELAH BERHENTI di HP Android

Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti - Hampir semua orang yang menggunakan Smartphone Android, pasti pernah merasakan berbagai macam masalah Error, salah satunya adalah masalah yang terasa sangat mengganggu yaitu munculnya tulisan Sayangnya Aplikasi Berhenti.
Masalah seperti itu terjadi, ketika anda ingin membuka sebuah aplikasi tiba-tiba freeze dengan latar belakang hitam yang kemudian keluar Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti. Supaya hal tersebut tidak terus-terusan terjadi, anda bisa mencoba beberapa Tips dan Trik dari kami yang semoga bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti

Sebenarnya masalah ini sangat mudah di selesaikan, jadi tidak perlu khawatir, kami sudah menyiapkan beberapa langkah yang sudah terbukti ampuh mengatasi masalah tersebut, sebagai berikut :

1. Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti Dengan Menghapus Cache

Cache merupakan sebuah file yang pernah kita akses pada aplikasi yang menggunakan Internet. Jadi semakin sering kita menggunakan aplikasi tersebut, maka semakin banyak pula file Cache nya, Cache yang menumpuk akan membuat kinerja HP android kita semakin lambat, selain itu file cache yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan keluarnya "Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti".
Cara mengatasinya sangat mudah, anda cuma perlu menghapus File Cache secara rutin, bisa dengan menggunakan aplikasi Cleaner atau bisa juga secara manual dengan cara :
  • Masuk ke Pengaturan > Aplikasi >dan cari aplikasi yang ingin di hapus Cache
  • Kemudian pilih Bersihkan Cache
  • Selesai
Lakukan secara rutin, untuk mengatasi masalah tersebut agar tidak terulang kembali.

2. Melakukan Restart

Kalau cara di atas belum bisa bisa mengatasi masalah tersebut. Lanjut ke cara selanjutnya yang lebih mudah yaitu dengan melakukan Restart Smartphone Android anda. Karena, kebanyakan HP android berhasil mengatasi masalah tersebut, hanya cukup dengan di restart saja.

3. Perbaiki File Yang Hilang Dan Corrupt

Periksa apakah aplikasi tersebut mengalami kerusakan atau corrupt, di setiap aplikasi yang di install di HP Android anda, ada file berekstensi Obb yang menyimpan semua data aplikasi yang di perlukan, untuk menjalankan aplikasi tersebut. Jika file Obb mengalami kerusakan, maka sudah pasti aplikasi tersebut tidak bisa di jalankan. Oleh sebab itu segera periksa cek Validasi Obb untuk mengetahui bagian apa yang hilang. Jika aplikasi tersebut tidak menyediakan fitur seperti itu, maka anda harus menginstall ulang aplikasi tersebut.

4. Install Ulang Aplikasi Yang Bermasalah

Jika anda sudah mencoba untuk men-download ulang file Obb yang hilang atau rusak. Namun, belum bisa menyelesaikan masalah. Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan cara Install ulang aplikasi yang bermasalah tersebut. Menginstall ulang aplikasi merupakan solusi yang sangat bagus untuk dilakukan. Karena, dengan menginstall ulang aplikasi akan normal kembali dan menghilangkan file yang rusak.

5. Periksa Versi Android Apakah Kompatibel Dengan Aplikasi Yang Dijalankan

Android hampir setiap hari memiliki perubahan dengan selalu melakukan update. Namun, tidak semua developer sebuah aplikasi merespons cepat perubahan tersebut, untuk memberi dukungan pada aplikasi yang di kembangkannya. Maka tidak ada salahnya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu, apakah aplikasi yang di jalankan sudah kompatibel dengan versi Android pada Smartphone anda.

6. Upgrade Versi Android

Kalau HP android anda masih bisa dilakukan upgrade ke versi android yang lebih baru, Cobalah untuk di upgrade terlebih dahulu. Cara melakukannya sangat mudah
  • Masuk ke Pengaturan
  • kemudian cari dan klik Tentang Ponsel.
  • Disana anda akan akan menemukan Pembaharuan Sistem, silahkan di periksa apakah smartphone anda masih bisa di upgrade. Kalau masih bisa silahkan di upgrade dulu. filenya sedikit besar ada baiknya anda melakukan upgrade dengan menggunakan jaringan WiFi agar bisa menghemat kuota internet anda.

Demikianlah pembahasan tentang Tips dan Trik Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti. Semoga bisa membantu anda untuk mengatasi masalah tersebut. Sekiranya artikel ini bermanfaat jangan lupa di Share ya