6 Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti Terbukti Ampuh

Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti - Setiap orang yang menggunakan Smartphone android, pasti pernah merasakan berbagai macam jenis error. Salah satunya adalah error yang terasa sangat menggangu yaitu memunculkan tulisan ''Sayangnya Aplikasi Berhenti".
6-cara-mengatasi-sayangnya-aplikasi-telah-berhenti-di-hp-android
Error seperti itu terjadi ketika anda ingin membuka sebuah aplikasi, dan tiba-tiba freeze dengan latar belakang hitam. Supaya hal seperti itu tidak terus-terusan terjadi, anda bisa mencoba tips yang akan kami sajikan di artikel ini. Silahkan di baca sampai habis.!!

Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti

Sebenarnya masalah ini sangat mudah di selesaikan, jadi tidak perlu khawatir. Kami sudah menyiapkan enam cara ampuh untuk Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti pada Hp Android. Caranya sebagai berikut :

1. Hapus Cache Yang Menumpuk

Cache merupakan sebuah file yang pernah kita akses pada aplikasi yang menggunakan Internet. Jadi semakin sering kita menggunakan aplikasi tersebut, maka semakin banyak pula file cachenya. File Cache yang menumpuk akan membuat kinerja smartphone android kita semakin lemot dan lambat. Selain itu file cache yang terlalu banyak bisa menyebabkan error Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti.
Cara mengatasinya sangat mudah, anda cuma perlu menghapus File Cache secara rutin, bisa dengan menggunakan aplikasi Cleaner atau bisa juga secara manual dengan cara masuk ke Pengaturan > Aplikasi > cari aplikasinya dan klik pada tersebut, kemudian pilih Bersihkan Cache.
Dengan rajin membersihkan Cache, ada keuntungan lain yang bisa anda dapatkan yaitu bisa Mengatasi Hp Android Yang Lemot.

2. Restart Smartphone Android Anda

Kalau cara di atas belum bisa bisa mengatasi error Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti. Cara selanjutnya yang bisa anda coba adalah dengan merestart smartphone android. Karena, kebanyakan Hp android berhasil mengatasi masalah tersebut, hanya dengan di Restart saja. Jadi, tidak perlu buang-buang waktu hanya untuk me-oprek Software di Hp android anda.

3. Perbaiki File Yang Hilang Dan Corrupt

Kalau dengan merestart belum membuahkan hasil seperti yang diinginkan. Mari lanjut ke cara yang ke-tiga. Periksa apakah aplikasi tersebut mengalami kerusakan atau corrupt. Di setiap aplikasi yang terinstall di smartphone android, ada file berekstensi "obb" yang menyimpan semua data aplikasi yang di perlukan, untuk menjalankan aplikasi tersebut. Jika file "obb" mengalami kerusakan, Maka sudah pasti aplikasi tersebut tidak bisa di jalankan. Oleh sebab itu segera periksa cek validasi obb untuk mengetahui bagian apa yang hilang. Jika aplikasi tersebut tidak menyediakan fitur seperti itu, maka anda harus menginstall ulang aplikasi tersebut.

4. Install Ulang Aplikasi Yang Bermasalah

Jika anda sudah mencoba untuk men-download ulang file obb yang hilang atau rusak. Namun, belum bisa menyelesaikan masalah. Langkah selanjutnya yang bisa anda coba adalah dengan meng-install ulang aplikasinya. Menginstall ulang aplikasi merupakan solusi yang sangat bagus untuk dilakukan, Karena dengan menginstall ulang aplikasi akan normal kembali dan menghilangkan file yang rusak dan hilang.

5. Periksa Versi Android Apakah Kompatibel Dengan Aplikasi Yang Dijalankan

Android hampir setiap hari memiliki perubahan dengan melakukan update. Namun, tidak semua developer sebuah aplikasi merespon cepat perubahan tersebut, untuk memberi dukungan pada aplikasi yang di kembangkannya. Maka tidak ada salahnya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu, apakah aplikasi yang anda jalankan sudah kompatibitas dengan versi android smartphone mu.

6. Upgrade Versi Android Anda

Kalau Hp android anda masih bisa dilakukan upgrade ke versi android yang lebih baru, Cobalah untuk meng-upgrade terlebih dahulu. Cara melakukannya sangat mudah anda tinggal masuk ke Pengaturan kemudian cari klik Tentang Ponsel. Disana anda akan akan menemukan Pembaharuan Sistem, silahkan di periksa apakah smartphone anda masih bisa di upgrade. Kalau masih bisa silahkan di upgrade dulu. filenya sedikit besar ada baiknya anda melakukan upgrade dengan menggunakan jaringan Wifi agar bisa menghemat kuota internet anda.

Demikanlah pembahasan tentang cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti. Semoga bisa membantu anda untuk mengatasi masalah tersebut dan bisa bermanfaat untuk kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel