Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Reset HP SAMSUNG untuk Semua Tipe

Cara Reset HP Samsung untuk Semua Tipe - Biasanya Reset atau kembali ke Pengaturan Awal dilakukan untuk Memperbaiki Kerusakan pada Software. Namun, ada juga yang melakukan Reset HP Samsung lupa Password, dan ada juga melakukan Reset untuk Mengatasi HP Samsung yang sudah mulai lambat, dan berbagai masalah lainnya. Dengan melakukan reset maka pengaturan Ponsel anda akan kembali seperti baru lagi, seperti saat pertama anda membelinya. Reset juga sangat dibutuhkan ketika anda ingin menjual ponsel nya, sebelum terjual sangat kami sarankan untuk melakukan reset ke pengaturan pabrik terlebih dahulu, untuk membersihkan semua data-data anda. melakukan Reset pada sebuah smartphone terbilang cukup mudah. Namun, ada beberapa orang yang masih kesulitan melakukan hal tersebut. Oleh karena itu berikut kami berikan beberapa cara melakukan Reset HP Samsung.

Cara Reset HP Samsung Semua Tipe

Perlu diketahui, melakukan Reset pada Ponsel anda akan menyebabkan semua data dan aplikasi yang tersimpan di memori internal terhapus. Jadi sebelum melakukan proses Reset, pastikan anda sudah melakukan backup atau mencadangkan semua data dan file penting ke tempat lain, bisa di pindahkan ke Flash Disk, Komputer atau ke penyimpanan online seperti Google Drive dan lain-lain.

1. Cara Reset HP Samsung Lewat Pengaturan

Cara yang paling mudah dilakukan adalah melalui pengaturan, karena anda tidak perlu install aplikasi pihak ketiga atau memasukkan kode-kode khusus. Berikut cara melakukannya :
  • Pertama, masuk ke Pengaturan
  • Selanjutnya, scroll ke bawah dan cari menu General Management lalu pilih Reset
  • Kemudian, klik pada Factory Data Reset atau Pengaturan Pabrik
  • Scroll ke bawah lagi dan klik Reset
  • Sampai disini, Ponsel Samsung anda akan melakukan proses reset, lamanya tergantung berapa banyak file yang tersimpan pada Ponsel anda. Setelah proses selesai, Ponsel akan Restart secara otomatis. Perlu di ketahui, untuk booting pertama setelah di reset sedikit lama, butuh waktu 5 - 10 menit.

2. Cara Reset HP Samsung Dengan Kode Rahasia

Selanjutnya adalah dengan menggunakan kode USSD (Unstructured Supplementary Service Data). USSD yaitu kombinasi * (bintang), angka, dan # (pagar). Caranya sebagai berikut :
  • Pertama, Masuk ke Aplikasi Telepon
  • Kemudian, masukkan kode * 2767 *3855# lalu tekan tombol Panggil atau Call
  • Selanjutnya, Ponsel anda akan melakukan Reset secara otomatis
  • Selesai
  • Baca Juga : Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu

3. Cara Reset HP Samsung Lewat Recovery Mode

Cara seperti ini biasa dilakukan untuk mengatasi masalah seperti Bootloop di HP Samsung. Untuk Cara Reset HP Samsung melalui Recovery anda harus memastikan semua tombol pada Ponsel anda masih berfungsi dengan baik. Sebelum melakukan Reset periksa dulu Daya Baterai, minimal 60% ke atas, supaya aman.
  • Pertama, matikan Ponsel anda seperti biasa
  • Selanjutnya, dalam keadaan mati Tekan dan tahan Tombol Volume UP + Tombol Home + Tombol Power secara bersamaan. Tunggu hingga HP Samsung anda masuk ke Mode Recovery
    Untuk memilih menu, gunakan tombol Volume Up dan Volume Down, dan tombol Home dan Power bisa digunakan sebagai Oke atau Yes
  • Kemudian, pilih Wipe Data/Factory Reset lalu klik OK
    Proses reset biasanya membutuhkan waktu 5 - 10 menit, tergantung berapa banyak file yang tersimpan pada Ponsel anda
  • Setelah proses Reset selesai, kembali lagi ke Menu dan pilih Reboot System Now, untuk melakukan Restart pada Ponsel Samsung anda.
  • Selesai

Itulah tiga Cara Reset HP Samsung dengan sangat mudah yang tentunya bisa untuk semua Tipe HP Samsung. Dari ke-tiga cara di atas, anda bisa memilih salah satunya mana yang menurut anda lebih mudah dilakukan. Sekian dari kami, Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.