Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Flash Disk Tidak Terbaca di Laptop/PC

Cara Mengatasi Flash Disk Tidak Terbaca di Laptop - Flash Disk Merupakan salah satu alat Elektronik penyimpanan data yang terbilang sangat banyak digunakan, karena mudah untuk dibawa kemana-mana. Selain itu Flash Disk merupakan alat portable yang bisa digunakan untuk komputer dan Laptop. Bahkan, bisa juga dipakai pada Smartphone dengan bantuan kabel OTG. Bentuknya yang kecil, tapi bisa menyimpan data dengan jumlah yang besar, tergantung kapasitas yang dimilikinya. Kapasitas Flash Disk memang cukup beragam, mulai dari 2GB, 4GB, 8GB, 12GB, 16GB dan lain sebagainya. Walaupun demikian, yang namanya barang teknologi pasti akan mengalami masalah. Kendala yang sering di temukan pada Flash Disk adalah sering tidak terbaca di Laptop atau Komputer. Untuk mengatasi masalah ini, kami sudah mempersiapkan beberapa cara untuk Memperbaiki Flash Disk tidak Terbaca, semoga bisa membantu.

Cara Mengatasi Flash Disk Tidak Terbaca di Laptop/PC

Penyebab Flash Disk tidak terbaca ada beberapa hal. antara lain Terdeteksi virus, colokan USB yang sudah tidak baik, hingga masalah pada perangkat keras di dalam Flash Disk itu sendiri. Masalah seperti ini sudah sangat umum terjadi, berikut cara mengatasinya:

1. Periksa Port USB

Saat memasukkan Flash Disk ke Laptop. Namun, tidak terbaca, jangan langsung membuang Flash Disk tersebut. Bisa jadi port USB di perangkat Laptop yang bermasalah. Coba test di laptop atau komputer lain untuk memastikan, apabila terbaca berarti masalah di port USB perangkat.

2. Periksa Driver

Selanjutnya, dengan melakukan pengecekan pada Driver Laptop atau Komputer yang anda gunakan. Pada dasarnya perangkat melakukan deteksi secara otomatis. Namun, kadang kala ada juga yang harus dilakukan secara manual. Cara nya sebagai berikut :
  • Masukkan Flash Disk ke port USB Laptop atau Komputer.
  • Selanjutnya, klik menu Start dan pilih Control Panel lalu pilih Add Hardware atau Add Device.
  • Sampai disini Perangkat akan melakukan scanning pada driver atau device yang baru di sambung. Jika Flash Disk anda dalam kondisi bagus atau belum rusak, nanti akan muncul pada kotak scanning.

3. Cara Mengatasi Flash Disk Yang Terdeteksi. Namun, Tidak Terbaca

Mengatasi Flash Disk yang terdeteksi oleh perangkat. Namun, Data atau File nya tidak terbaca walau pun Flash Disk nya sudah terdeteksi tetap saja kita tidak bisa menggunakannya. Untuk mengatasi masalah seperti ini bisa di bilang cukup mudah, karena kita bisa memanfaatkan salah satu fitur yang sudah disediakan pada windows. Caranya sebagai berikut:
  • Pertama, masuk kan Flash Disk ke Laptop atau komputer.
  • Selanjutnya, buka Windows explore seperti biasa
  • Setelah itu, klik kanan pada Drive Flash Disk, dan pilih opsi Properties.
  • Kemudian pada tampilan Windows baru yang muncul, pilih menu Tool yang ada di paling atas.
  • Selanjutnya, klik pilihan Check Now, lalu akan muncul Pop up baru lagi
  • Pada pop up baru tersebut silahkan Cek list kedua pilihan di kotak samping.
  • Kemudian, klik "Start". Perangkat akan secara otomatis melakukan scanning untuk mengatasi masalah tersebut.
  • Setelah prosesnya selesai. silahkan periksa Flash Disk anda.
  • Selesai

4. Cara Format Flash Disk dengan CMD

Kalau semua cara di atas sudah diterapkan. Namun, belum mendapatkan hasil yang memuaskan, maka cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan Format pada Flash Disk tersebut. Melakukan Format berarti semua Data atau File yang tersimpan di Flash Disk tersebut akan terhapus, jadi silahkan pikir-pikir dulu sebelum melakukannya. Melakukan Format seperti biasa lewat Windows explore dianggap kurang ampuh untuk mengatasi masalah ini. Oleh karena itu, kita harus format Flash Disk tersebut melalui CMD yang sudah terbukti Ampuh Mengatasi Flash Disk Yang Tidak Terbaca.
  • Masukan Flash Disk ke Laptop atau Komputer
  • Selanjutnya, buka program CMD di Laptop atau Komputer anda. Caranya, Klik menu Start atau melalui Run dengan mengetik CMD lalu enter.
  • Kemudian, ketik perintah FORMAT F: /FS:FAT lalu Enter. (F: merupakan lokasi drive Flash Disk tersebut), ketik lah sesuai lokasi yang ada di perangkat anda.
  • Tunggu prosesnya sampai selesai. Dan lihat hasilnya apakah Flash Disk anda sudah bisa terbaca atau belum.
  • Selesai

Itulah beberapa Tips dan Trik Cara Mengatasi Flash Disk tidak Terbaca di Laptop, Semoga bisa membantu anda dalam mengatasi masalah tersebut, dan semoga bisa bermanfaat untuk kita semua