Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi USB OTG di HP Android Selain Untuk Transfer Data

Fungsi USB OTG di HP Android - USB OTG, Berfungsi untuk transfer data dari Smartphone Android ke Flash Disk tanpa harus menggunakan bantuan Komputer atau Laptop. Sudah banyak Smartphone sekarang ini yang memiliki Fitur OSB OTG, yang pastinya fitur ini sangat bermanfaat buat membantu kita sebagai penggunanya.

Fungsi USB OTG di HP Android Selain Untuk Transfer Data

Tapi, taukah anda kalau USB OTG tidak cuma bisa buat transfer data saja? melainkan banyak Fungsi lain yang bisa dilakukan dengan fitur tersebut.

1. Menghubungkan Portable CD Player

Kalau anda memiliki file Dari CD yang ingin di baca, tapi anda tidak memiliki PC atau laptop, anda bisa mengandalkan OSB OTG tinggal sambung kan dan semua isi CD tersebut langsung bisa terbaca di smartphone anda. Ya, walaupun sekarang sudah sangat jarang orang yang menggunakan CD Portable tersebut.

2. Untuk Menambah Memori Smartphone

Kalau merasa memori Smartphone tidak mencukupi kebutuhan anda yang suka menyimpan banyak File. Tenang saja, USB OTG masih bisa di andalkan untuk menambah Memori di Smartphone. Anda bisa menggunakan Adoptable Storage, untuk yang menggunakan HP Android harus yang Versi 6.0 ke atas, supaya USB OTG bisa anda gunakan sebagai memori tambahan.

3. Menghubungkan HP ke Printer

Sekarang anda tidak perlu repot-repot lagi mencari PC atau Laptop untuk Print sesuatu yang ada di smartphone, tinggal sambung kan kabel USB OTG di HP anda ke Printer dan di bantu oleh aplikasi pihak ketiga yaitu Printer yang dapat di download di Google Play Store. Semua akan jadi lebih mudah.

4. Menjadikan HP Android Sebagai Power Bank

Pasti banyak yang tidak tau kalau USB OTG bisa di manfaatkan sebagai Power Bank, dalam keadaan darurat, anda bisa berbagi daya baterai dengan ponsel lain, hanya perlu menyambung kan perangkat ke Ponsel yang ingin di isi baterai dan langsung terisi secara otomatis.

5. Menyambungkan HP ke Scanner

Walaupun ada banyak Aplikasi Android yang bisa mengubah kamera menjadi Scanner, tetapi hasilnya pasti beda jauh kalau di bandingkan dengan Scanner yang digunakan di komputer, dengan memanfaatkan USB OTG dan aplikasi android, anda dapat melakukan Scan Dokumen dengan kualitas yang tinggi, hanya cukup dengan menyambung kan Scanner ke HP Android anda.

6. Menyalakan Kipas Angin Portable

Anda pasti sudah tau kan? kalau ada jenis kipas angin portable yang bisa di sambung kan dengan smartphone, anda bisa menyalakan kipas angin portable menggunakan Smartphone sebagai pengganti listrik. Cukup praktis digunakan saat anda sedang gerah di angkutan umum atau dimana saja.

7. Membuat HP jadi Webcam Eksternal

Kamera Smartphone anda kurang bagus buat Vidio Call. Tenang saja, anda bisa memanfaatkan USB OTG untuk menyambung kan Smartphone Android ke Web Cam, Tapi anda perlu bantuan Aplikasi pihak ketiga yaitu Camerafi bisa di download di Google Play Store.

8. Menyambung kan HP dengan Kamera DSLR

Untuk yang memiliki kamera DSLR, Taukah anda kalau USB OTG bisa di manfaatkan untuk mengontrol Kamera dengan menggunakan Smartphone, tinggal install aplikasi "DSLR" di Smartphone anda bisa dengan sangat mudah mengontrol Kamera.

Demikianlah pembahasan tentang Fungsi USB OTG di HP Android Selain Untuk Transfer Data. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kita dan bermanfaat untuk semua