Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Prosesor Dual Core Quad Core dan Octa Core

Perbedaan Prosesor Dual Core Quad Core dan Octa Core - Banyak hal yang harus kita perhatikan sebelum membeli sebuah Smartphone baik itu Android maupun iOS. Apalagi di jaman yang sudah sangat banyak Ponsel yang berkualitas dengan fitur-fitur canggih dan menarik seperti Samsung, Apple, OPPO, VIVO, Xiaomi, Realme dan lain-lain. Dengan demikian, kita sebagai pembeli harus pintar-pintar mengenal berbagai jenis Spesifikasi pada Ponsel yang akan kita beli agar sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan.
Baterai, ROM, RAM, dan Kamera, mungkin itu yang yang pertama kita perhatikan saat mau membeli sebuah Smartphone, Tapi tau kah anda kalau ada lagi yang tidak kalah penting yang perlu kita perhatikan sebelum membeli yaitu Prosesor. Kami yakin anda pasti sudah pernah mendengar istilah-istilah kata seperti Dual Core, Quad Core, dan Octa Core.

Perbedaan Prosesor Dual Core Quad Core dan Octa Core

Perlu diketahui, selain memiliki produk yang berbeda-beda, Prosesor yang ada pada Smartphone Android dan iOS juga memiliki jumlah yang berbeda juga, tentu dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut pembahasan Lengkap nya:

1. Dual Core

Istilah ini sebenarnya bukan hal baru lagi, karena sebelum digunakan pada Smartphone, sudah terlebih dulu digunakan pada Prosesor Komputer dan Laptop. Jika Smartphone yang kita gunakan Prosesor Dual Core, untuk membuka dua aplikasi secara bersamaan akan terasa berat dan dan lambat . Tapi kalau digunakan hanya untuk Sosial Media seperti WhatsApp, Instagram, TikTok, Twitter, Facebook saya rasa Dual Core sudah cukup memenuhi kebutuhan anda.

2. Quad Core

Tidak berbeda dengan yang sebelumnya, Quad Core sama dengan Smartphone kita sudah memiliki empat Core atau 4 Prosesor. Biasanya, Prosesor Quad Core sering digunakan untuk jenis Ponsel yang memiliki Spesifikasi yang lumayan tinggi atau sering di sebut dengan HP kelas menengah. Dengan menggunakan prosesor Quad Core maka bisa di pastikan Ponsel yang anda gunakan jauh dari kata Lambat atau lemot. Bahkan bisa di bilang sudah cukup nyaman digunakan.

3. Octa Core

Seperti namanya Octa Core yang berarti sudah memiliki delapan prosesor. Smartphone yang menggunakan Prosesor Octo Core tidak perlu diragukan lagi kemampuannya, bahkan sudah mampu menjalankan Game berat seperti Genshin Impact, PUBG Mobile, Mobile Legend, AOV dan lain-lain. Oleh karena itu, bagi anda yang suka bermain game, saya sarankan menggunakan Ponsel yang sudah menggunakan Prosesor Octo Core.

Itulah Perbedaan Prosesor Dual Core, Quad Core dan Octa Core yang digunakan pada Smartphone Android dan iOS. Semoga bisa di mengerti dan di pahami perbedaan tersebut. Jadi nanti kalau mau membeli sebuah Smartphone tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan ke-tiga Prosesor tersebut supaya sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan.