Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi HP Android LUPA POLA/Kata Sandi Dengan Mudah

Cara Mengatasi HP Android lupa Pola atau Kata Sandi - Pada sebuah Smartphone menggunakan Password,Pola atau kata Sandi merupakan suatu keharusan untuk menjaga keamanan dan privasi kita, di HP Android pengamanan yang tersedia untuk saat ini seperti Pola, Kata Sandi "kombinasi angka dan huruf (password)", PIN, dan Sensor Fingerprint.

Cara Mengatasi HP android Lupa Pola atau Kata Sandi

Namun, bagaimana jika suatu saat anda lupa dengan Pola atau Kata Sandi?
Ini sangat sering terjadi termasuk kami juga pernah mengalaminya, saya rasa anda yang sedang membaca artikel ini juga lagi memiliki masalah sama dengan yang pernah kami alami. jangan Panik dulu, sudah kami siapkan 5 Cara sekaligus untuk Mengatasi HP Android lupa Pola. Berikut Tutorial nya :

1. Mengatasi HP Android Lupa Kata Sandi dengan Menggunakan Android Device Manager

Untuk cara yang pertama, kita coba dengan menggunakan Android Device Manager, anda bisa membuka dengan dengan Browser di HP lain, atau dengan menggunakan Browser di Komputer atau Laptop, untuk bisa mengakses pastikan sudah masuk dengan akun Google yang terpakai di HP yang lupa Pola atau Kata Sandi. Kalau semua sudah siap, Berikut Caranya
  • Masuk ke link Android Device Manager
  • Disitu terdapat beberapa pilihan, Anda cukup memilih Kunci atau Lock
  • Apabila ADM kesulitan menemukan perangkat Anda silahkan klik tombol Refresh
  • Kalau sudah terdeteksi, silahkan Klik Tombol Kunci maka anda akan di suruh memasukkan Kata Sandi Baru untuk menggantikan Pola atau Kata Sandi lama yang sudah lupa.
  • Ketik Kata Sandi yang baru dua kali untuk konfirmasi
  • Selanjutnya, Klik tombol Kunci
  • Tunggu lebih kurang 5 menit dan Sukses.
Baca Juga : Cara Mengatasi HP Android Lemot

2. Dengan Menggunakan ADB

Cara yang ke-dua, dengan menggunakan ADB, untuk menghapus Pola yang sudah lupa, cara ini hanya bisa bekerja jika sebelumnya anda sudah mengaktifkan USB Debugging, Jika belum silahkan ke cara selanjutnya. Caranya Sebagai Berikut :
  • Pertama Sambung kan HP Android Anda ke Komputer atau Laptop menggunakan kabel USB
  • Selanjutnya, buka jendela Command prompt
  • Kemudian, ketik perintah berikut adb shell rm /data/system/gesture.key lalu Tekan Enter
  • Terakhir, Restart HP Android anda, begitu menyala kembali seharusnya Pola atau Kata Sandi tidak ada lagi. Tapi ini hanya bersifat sementara, jadi cepat-cepat masukan Kata Sandi atau Pola yang baru sebelum melakukan proses Restart kembali.

3. Menggunakan Fitur Forgot Pattern

Cara yang ke-tiga, dengan menggunakan fitur Forgot Pattern ini cuma bisa berlaku untuk Android 4.4 Kitkat atau lebih rendah. Setelah 5 kali gagal memasukkan Pola, anda akan melihat pesan yang mengatakan "Coba lagi dalam 30 detik" dari situ lah anda bisa pilih Forgot Pattern yang terletak di bagian bawah layar, biasanya ada dua mode yang tersedia, yaitu menjawab pertanyaan keamanan dan masuk dengan akun google. Kalau anda memilih yang kedua, Google akan mengirim Email dengan Pola pembuka Kunci atau bisa langsung mengubahnya saat itu juga.

4.Mengatasi HP Samsung Lupa Pola/Sandi dengan Menggunakan Samsung Find My Mobile

Cara yang ke-empat, Khusus untuk pengguna Smartphone Android Samsung, ini hampir serupa dengan Android Device Manager. Cara nya sebagai berikut :
  • Masuk ke link Samsung Find My Mobile dari browser HP lain atau bisa juga menggunakan Komputer atau Laptop. Kemudian login ke akun Samsung Anda "Cara ini tidak akan bekerja jika sebelumnya anda belum pernah mengatur akun Samsung".
  • Setelah Login ke Akun Samsung, klik tombol Lock my screen di panel sebelah kiri, Disini anda masukan PIN baru.
  • Selanjutnya, klik tombol Lock. Dalam satu sampai dua menit harusnya sandi telah di ubah ke Sandi yang baru anda masukan.
  • Selesai
Baca Juga : Cara Reset HP Samsung Semua Tipe

5. Menggunakan Factory Riset

Cara yang ke-lima adalah dengan memanfaatkan fitur Factory Riset, sebenarnya cara ini sangat berat untuk dilakukan, karena dapat menghapus semua data yang ada di Memori Internal termasuk Aplikasi yang ter install. Cara melakukannya sangat mudah tinggal masuk ke Mode Factory Riset dengan cara Tekan tombol Power +Volume Up secara bersamaan ketika HP anda dalam kondisi mati. Kemudian, pilih Wipe Data Factory Reset, tunggu proses Format nya, Selanjutnya tinggal pilih Reboot dan Selesai.

Itulah 5 Cara Mengatasi HP Android Lupa Pola atau Kata Sandi, kami rasa anda bisa memahaminya kalau mengikuti langkah ini dengan benar, pasti bisa menyelesaikan masalah yang terjadi pada Ponsel anda. jangan lupa di Share biar orang lain tau apa yang kalian tau..